Selasa, 04 Januari 2011


Memanfaatkan Social Media sesuai porsinya


Jika anda adalah seseorang yang sering berinteraksi dengan dunia social media, maka anda pasti tahu bahwa ada banyak sekali social website yang berbeda yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performance bisnis.
Setiap tools tentu saja berbeda, sebagaimana facebook berbeda dengan twitter. Begitu juga local wisdom setiap daerah yang berbeda. Seperti behaviour berbeda yang kita jumpai pada pengguna social media di Indonesia dan di US sana.
Untuk memahami lebih jauh tentang fungsi beberapa social tools yang berbeda, sebuah perusahaan mengadakan penelitian mengenai kegunaan dari website website seperti facebook dan twitter dalam beberapa aspek.
Beberapa hari yang lalu Penn-Olson menuliskan tentang ini di blognya. Penelitian ini dilakukan oleh CMO.com dan disarikan dalam bentuk infographic yang dapat dilihat dibawah ini.
 
(klik gambar untuk lebih jelasnya)
Tapi ingat, jangan ambil informasi yang ada dalam infographic diatas mentah-mentah. Indonesia memiliki budaya yang sangat berbeda sehingga anda perlu memfilter dan mensarikannya baik baik. Itu juga kan alasan mengapa Yahoo goes local di Indonesia. Karena wisdom lokal, terutama dalam urusan social media, itu berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.
Satu fakta menarik yang terdapat dalam informasi di atas adalah YouTube yang dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat membantu komunikasi, exposure, meningkatkan traffic, serta SEO secara cukup signifikan.
Saya sendiri berpendapat bahwa itu bisa jadi benar diluar sana, dimana koneksi internet sudah cukup bagus. Tapi di Indonesia? Nanti dulu, koneksi internet disini masih belum memungkinkan untuk membuat Youtube sepopuler di negara asalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar